Poin-poin Penting yang Membuat Futsal Sangat Efektif | Bali Futsal Mania

Poin-poin Penting yang Membuat Futsal Sangat Efektif

Kamis, 23 Juni 2011

Tahukah Anda bermain futsal adalah sangat baik sebagai dasar untuk melatih dan mengembangkan permainan sepak bola di lapangan rumput. Pemain besar saat ini seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan masih banyak yang lainnya tak bisa disebutkan satu per-satu disini memulai berlatih memainkan bola sejak dini dengan bermain Futsal. 

Berikut adalah Poin-poin Penting yang Membuat Futsal Sangat Efektif :

1. Dengan hanya 4 pemain plus 1 penjaga gawang dalam lapangan akan memungkinkan pemain untuk mengoper bola kembali ke pemain pendukung, yang jauh lebih sering dilakukan daripada permainan sepak bola 11 melawan 11. 

2. Pemain mesti mempertahankan dan menyerang mengakibatkan pemahaman yang serba jauh lebih baik dalam permainan dan taktik. 

3. Bola Futsal memiliki karakter daya pantulan yang lebih rendah – dari bola yang biasa dimainkan di lapangan sepak bola 11 lawan 11 – sehingga memerlukan pengontrolan bola yang cenderung untuk dimainkan (disentuh) lebih lama. Hal tersebut akan melatih kontrol bola dan penguasaan bola dekat secara lebih  baik.

4. Pemain dilatih secara berulang untuk dapat berpikir dan bereaksi cepat dalam ruang yang ketat sehingga memungkinkan pemain Futsal untuk bereaksi baik di bawah tekanan. 
Pemain juga terus ditempatkan di situasi yang menuntut pengambilan keputusan di area tertutup yang mengajarkan 'cepat dalam mengoper bola dan bergerak', secara berkelanjutan dengan kreativitas kecepatan dalam pengambilan keputusan yang tepat. 

5. Permainan Futsal sangat cepat dalam melatih dan mengembangkan kemampuan antara lain : keseimbangan tubuh (body balance), kemampuan motorik, kelincahan dan koordinasi, akurasi dan keefektifan dalam mengoper/mengumpan serta sebaliknya menerima bola, melatih insting serta melatih ketangkasan penguasaan bola. 

6. Dalam Futsal diperlukan kecepatan dan ketangkasan sekaligus. Kebugaran tubuh ditingkatkan sambil belajar dan bersenang-senang. 

7. Futsal juga menjadi hal yang unik serta menarik, dimana  banyak gol yang tercipta. Pun permainan ini juga relatif  tanpa aturan kompleks  semisal  offside dan tantangan fisik yang terlalu keras (sliding tackle, duel bola-bola atas dll.)

8. Sedikitnya  jumlah pemain dalam permainan Futsal memungkinkan pemain lebih sering untuk menyentuh bola dan meningkatkan peluang dalam mencetak gol.  

9. Pemain belajar dan berlatih untuk terbiasa menghasilkan gol yang bisa diaplikasikan secara lebih baik untuk permainan di lapangan asli sepak bola 11 lawan 11.

Setelah membaca artikel diatas, ternyata bermain Futsal banyak memberikan manfaat bagi kita :

Bagi anda yang bukan kebetulan ingin menjadi pemain kesebelasan sepak bola, semoga dapat menjadi inspirasi untuk berlatih lebih keras dalam meningkatkan ketahanan fisik, melatih skill sehingga terasah lebih baik, meningkatkan/mempertajam insting dan menjaga pemahaman/persepsi kekompakan dalam tim. Bermain futsal sangat disarankan untuk mengembangkan kemampuan total diri anda dalam memainkan si kulit bundar.

Kebanyakan kita yang mungkin kebetulan menjadikan olahraga futsal sebagai kegiatan pengisi waktu luang, ataupun menjadikan olahraga futsal bersama teman-teman atau rekan kerja sekantor sembari menjadikan ajang pertemuan dan menjalin keakraban, percayalah bahwa futsal dapat meningkatkan kebugaran fisik anda serta menjaga kekompakan kerja tim anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya.Selamat ber-futsal ria.....


0 komentar:

Posting Komentar

 
Bali Futsal Mania © 2011 | Blog by Vhy | Dedicated to LFC and All Futsal Lovers around Indonesia