Sejarah Futsal | Bali Futsal Mania

Sejarah Futsal

Selasa, 21 Juni 2011

Kapan dimulainya futsal & bagaimana sejarahnya? Berikut adalah petikan kisah perjalanan permainan unik ini mulai dari tempat asalnya, bagaimana kemudian permainan bola kaki yang semula dimainkan "banyak" orang kemudian menyusut menjadi hanya 5 orang dan dilakukan di lapangan lebih kecil? Nah silahkan disimak..

Futsal berasal di negara-negara Amerika Selatan yakni Uruguay dan Brasil di mana, pada tahun 1930, permainan bola kaki yang dimainkan antar 2 pihak secara berlawanan dimainkan masing-masing di kota-kota Montevideo dan Sao Paulo.

Di Brazil, versi permainan ini mulai dikembangkan di jalanan Sao Paulo, dimana kelak menjadi cikal bakal penerbitan peraturan pertama "permainan sepak bola jalanan" ini di tahun 1936 di negara yang kini menjadi gudangnya jawara dari permainan ini (futsal).

Juan Carlos Ceriani, instruktur pendidikan olahraga Argentina tinggal di sana dimana pada saat masa-masa itu dia mengamati banyak anak berlatih sepak bola di lapangan basket karena kekurangan lapangan sepak bola. Berawal dari sanalah kemudian muncul ide untuk membuat permainan a five-a-side variation yang sekarang lazim disebut futsal.


Meminjam dari aturan polo air, bola tangan dan bola basket, Ceriani menyusun aturan asli permainan, yang dengan cepat diadopsi di seluruh Amerika Selatan. Pada tahun 1965 Confederacion Sudamericana de Futbol de Salon (Amerika Selatan Futsal Konfederasi) dibentuk, terdiri dari Uruguay, Paraguay, Peru, Argentina dan Brazil.

Kompetisi internasional pertama kalinya diadakan dalam sejarah futsal yaitu terjadi pada tahun 1965, ketika Paraguay memenangkan Piala Amerika Selatan pertama. Enam Piala Amerika Selatan diadakan hingga 1979, dengan Brazil berhasil memenangkan semua kejuaraan. Brasil melanjutkan dominasinya dengan kemenangan di Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkan lagi waktu berikutnya dimainkan pada tahun 1984.

Futsal kemudian mulai menyeberangi Atlantik ke Eropa bersama dengan imigran Spanyol dan Portugis banyak kembali dari Amerika Selatan pada waktu itu.

Kejuaraan Dunia Futsal pertama dilakukan di bawah naungan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya diintegrasikan ke dalam FIFA pada tahun 1989) diadakan di Sao Paulo, Brasil, pada tahun 1982, berakhir dengan Brazil meraih tempat pertama. Brazil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia.

Demikianlah sekelumit cerita perjalanan bagaimana permainan futsal berawal. Kini permainan futsal telah menjadi menjadi permainan yang sangat akrab di sekitar kita. Adapun  perkembangannya telah banyak penyesuaian peraturan dalam futsal yang tunduk kepada aturan terbaru dari FIFA. 

Tulisan ini dipetik dari berbagai sumber.
Diterjemahkan dengan penyesuaian oleh Futsal Boy, mohon koreksi bila terdapat kesalahan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Bali Futsal Mania © 2011 | Blog by Vhy | Dedicated to LFC and All Futsal Lovers around Indonesia